Jumat, 14 Januari 2011

Ed Force One Pesawatnya Iron Maiden


Iron Maiden adalah band Heavy Metal yang didirikan tahun 1975 di London Britania Raya oleh Steve Harris (bassis). Hingga saat ini rock heavy metal yang beranggotakan Bruce Dickinson (vokal), Steve Harris (bass),Dave Murray (guitar),Adrian Smith (guitar), Janick Gers(gitar),Nicko Mc Brain (Drum) masih eksis dan melakukan tour ke berbagai negara. Seperti awal tahun 2011 ini mereka akan menggemparka Jakarta dan Bali lewat irama Rock yang mebahana.

Dalam berbagai tournya mulai dari 2007 mereka memiliki pesawat yang digunakan untuk tour ke berbagai negara dengan nama pesawat ED FORCE ONE yang dipiloti sang vocalist Bruce Dickinson.

Ed Force One adalah sebuah Boeing 757-200 yang sudah dikustomisasi dengan cantik oleh band Heavy Metal Inggris, Iron Maiden.


Ed Force One dipergunakan untuk mengangkut personil Iron Maiden, 60 anggota kru, dan 12 ton peralatan musik saat mereka melakukan tur dunia. Nama “Ed Force One” diambil dari nama maskot Maiden yang kurang terkenal, “Eddie”; dengan vokalis Iron Maiden sendiri, Bruce Dickinson, sebagai pilotnya.

Nama “Ed Force One” dipilih dari ide-ide penggemar Maiden yang diajukan ke situs resmi Iron Maiden–yang mana Iron Maiden sendiri yang meminta mereka untuk mencarikan nama pesawat ini. Rod Smallwood, manager Iron Maiden, memberikan komentarnya pada detik-detik terakhir pengambilan keputusan:

“From well over 2000 entries, Bruce and I chose ED FORCE ONE. Although many were quite original in concept, it has a nice ring to it. In the tie breaker pretty well all of you chose to flatter the band! Very nice of you! Anyway, we chose WILSON’s entry – “Timeless, inspirational, continually evolving, but always true to themselves, camaraderie that survives the evil that men do!” – I like the reference to camaraderie as I feel that it’s something the Maiden and their fans are very much about.”


Tanggal 31 Oktober 2007, Iron Maiden mengumumkan bahwa mereka akan menggunakan Astraeus 757 sebagai alat transportasi mereka dalam tur ‘Somewhere Back in Time’ di tahun 2008. Astraeus (airline) adalah sebuah maskapai penerbangan Inggris yang berbasis di Crawley. Pesawat yang akan mereka gunakan tersebut sudah dikonversi ke konfigurasi yang memungkinkan pesawat ini memiliki banyak fungsi–mengangkut penumpang, awak kabin, serta kargo–sekaligus. Dalam penerbangan komersil, versi pesawat seperti itu disebut combi. Pesawat ini menjadi topik utama dari film dokumenter pemenang penghargaan festival film SXSW di Austin, Texas, dalam nominasi “24 Beats Per Second” tahun 2009.

Pesawat itu juga dilukis ulang, dengan logo tulisan nama band yang terkenal memanjang dari cockpit sampai ke sayap, dengan warna tulisan biru dan garis luar kuning. Ekor pesawatnya dilukis gambar Eddie dari tema album Maiden tahun 1984, Powerslave, dengan efek petir di belakangnya. Nama tur mereka, “Somewhere Back In Time” dan tahunnya juga tertulis di sepanjang sisi pesawat dengan font yang lebih kecil, sementara mesinnya berwarna biru, putih, dan kuning.


Pilot pesawat ini yang tak lain adalah vokalis Iron Maiden sendiri, Bruce Dickinson, memang seorang Kapten pesawat. Ia memperoleh lisensi sebagai pilot penerbangan komersil pada saat ia rehat dari Iron Maiden dari tahun 1993-1999. Pada era itu, ia bekerja sebagai Kapten pesawat Boeing 757 di maskapai penerbangan Astraeus Airline, meski pada akhirnya waktu Bruce tidak bisa sepenuhnya dialokasikan untuk pekerjaan ini setelah ia bergabung kembali dengan Iron Maiden pada tahun 2000 dan mulai sibuk dengan album Brave New World dan juga jadwal tur promo album itu.

repost from: http://www.mymusicsharing.com/topic/6212-apa-itu-ed-force-one/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar