Minggu, 09 Januari 2011

Sungai Kromong Pacet Mojokerto...Cantikmu Mengobati Lukaku

Di awal maret 2010 tepatnya tanggal 9 Maret 2010 Keluarga Besar Mendut Rafting (owner bserta river guid) melakukan perjalanan wisata dan study banding di Sungai Pekalen Probolinggo. Kami berangkat 18 orang dari base camp kami di Mendut Magelang hari selasa sore jam 16.00wib dengan menggunakan 3 mobil (Kijang LGXnya Dhangku, Xenia atau avanza ya...??lupa..,Isuzu PANTHER...pnya babe). Perjalanan kami diiringi hujan lebat dari magelang hingga Nganjuk. di nganjuk kami beristirahat untuk makan malam skitar pukul 21.00 wib.
Dengan hapan setelah istirahat mendapat energi baru justru hamabtan mulai kami dapatkan. Mobil panther yg saya tumpangi bermasalah pada kampas koplingya. Al hasil perjalanan kita lanjutkan dengan sangat pelan (krang lbih jalan skitar 40km/jam). Hingga kami memamsuki wilayah Mojokerto pukul 02.00 mobil panther ini dah tidak sanggup untuk melaju lagi. Akhirnya kami putuskan untuk menarik hingga menemukan bengkel mobil terdekat. Hanya bberapa meter kita melakukan penarikan sudah kita temukan bengkel mobil yg tentunya sudah tutup karena itu dah jam 02.30. Menurut warga yg sedang meronda di skitar situ bengkel itu baru buka skitar jam 08.00 wib. waduuuuh....bisa gagal nih rencana ke Pekalen....akhirnya kami berunding untuk menemukan solusinya...dan akhirnay saya memutuskan untuk tinggal dstu mnunggui mobil saya ini hingga bengkel buka, namun koh yen kawan saya juga berniat menemani saya karena dia pernah juga ke Pekalen sblumnya, tak kalah kekasih saya yg setia Anggita memaksa untuk menemani saya(cieeeeeeee....nempel truuuusss). Dan akhirnya jam 03.00 2 mobil lainnya melanjutkan perjalanan ke probolinggo menuju sungai pekalen. meski dengan berat hati Dhangku teman kami meningglakan kami dengan mata berkaca - kaca dengan suara paru dia berkata...."kawan suatu saat kita akan turun bareng ke Pekalen"...."wes ndang minggat o " kata Kohyen dengan nada sok pura2 kasar....(wekekekeke).
Akhirnya......tepat jam 08.00 pagi pintu bengkel terbuka.....dan mobil mulai diganti kampas koplingnya....jam 10.00 mobilpun siap jalan. namun saat pengerjaan mobil itu saya teringat kalo di wilayah Mojokerto tepatnya di kecamatan Pacet ada sebuah sungai yg bisa dipake arung jeram. dan menurut kawan saya dan dri FB udah ada operatornya. Akhirnya kami putus kan kita bertiga untuk mencari lokasi itu. Karena menurut montir bengkel dstu.....Pacet jaraknya tidak jauh lagi hanya sekitar 20 Km dari lokasi bengkel. Dan menurut info Pacet itu mememang kawasan objek wisata dataran tinggi dan terdapat pemandian air panas. Akhirnya tak ragu lagi Kami bertiga segera mencari lokasi itu semabari menunggu temen2 di Pekalen selesai pengarungan.
Sesampainya di Pacet sekitar pukul 11.30 kami bertanya ke warga setempat dmna letak Sungai Kromong dan ternyata memamng tdak jauh kami sudah menemukan Sungai Kromong dan kami Lihat ada sebuah area outbond yg dikelola OBECH adventure...dan ternyata merekalah OPERATOR ARUNG JERAM SUNGAI KROMONG yg kami cari....."kyaaaaaaaaaaaaaaa....asiiiiiikkkkk...." teriak anggita dg wajah berseri seri sambil meremas tanganku...(hueeeeeeeedeeeewwwwwwwwww).

SELAMAT DATANG DI OBECH ADVENTURE.
Sesampainya di lokasi area outbond itu yg dikelilingi pohon pinus dan view ladang yg hijau kami disambut seorang crew dari mereka yg bernama Eko. Sejenak kami juga memeperkenalkan diri dan ngobrol sana sini ternyata....KAMI SAMA SAMA ALUMNI MAPALA....wakakakaka.....(jalan terang deh). Dan kami langsung menyatakan berniat untuk mencoba cantiknya sungai Kromong. Eko pun langsung contact rekannya Manager Operasional yaitu Yudha (http://www.facebook.com/yudha.kristyono) bahwa ada tamu dari jogja yg ingin mencoba Sungai Kromong. Tak lama kemudian Yudha pun datang dan ternyata........Lhaaaaaaaaaaaaaa....iya to.....Ternyata yg dimaksud Yudha HIMAKPA ITN Malang...lha konco dewe....
Akhirnya tepat pukul 13.30 Kami Memulai Start di Sungai Kromong dengan menggunakan jalur Kromong Bawah. Sebenernya pengen nyoba yang atas tapi waktu yg tidak memungkinkan. Di start Point kami melihat gagahnya Gunung Welirang dan memang sungai kromong ini berada di sisi barat Kaki G. Welirang.
Pengarunganpun dimulai dengan dipandu Si Boy...guide senior mantan atletnya Noars (Pekalen). Hanya beberap meter dari start kita sudah di suguhi doble drop dg gradient cukup tinggi skitar 2 M. dan stelah itu......hmmmmmm...............jeram thok.......ga abis2 abis...bisa di bilang ga ada flat (arus tenang) nya.
Sungainya sih ga dalam...paling dalam hanya sebatas paha...Penampang sungai sempit....Suhu air dan udara dingin...kondisi air....hhhmmmm...jernih laaah....bener2 White Water deh......dan akhirnya kita dipertemukan DAM stinggi kuarng lebih 2,5 M. ada 2 DAM yang kita temui...di pertengahan dan menjelang finish. Ada namanya jeram "EDAN" yg memang edan.......bentuknya "S".....zig zag abis deh....Jarak antar jeram tdak lebih dari 3 M....


hmmm........menurut kami sungai ini bagus untuk mengasah skil sabagai skiper bagi para penggiat arung jeram. dan cocok untuk anda yg ingin berwisata petualangan karena view nya dijamin tidak mengecewakan. Jelas sekali Cantiknya sungai Kromong mengobati luka kecewa kami karena tdak sempat bercumbu dengan Matador(nama jeram di pekalen yang pernah melukai janggut saya)  Pekalen.
Pokoknya silahkan coba.....bisa hubungi Yudha di 08125282487. Mungkin info lebih lanjut ataupun biaya dan lain sbagainya bisa hubungi nmer itu. atau gabung di grupnya http://www.facebook.com/group.php?gid=364329636418&v=info

Hmmm......ketika nurani haus akan tantangan dari ciptaan Yang Maha Kuasa...kami pun dipertemukan dengan ciptaanNya yg luar biasa indahnya.....maka dalam hati ku berucap..."DI TEPI SUNGAIMU KUBASUH DAHAGA NURANI" (diambil dari kata mutiara Keluarga Besar MAPALA  Hasta DwiSangga Buwana)

so........Silahkan Coba.....!!!!!!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar